Akhlak Rasulullah Saw adalah Fiqih

664xauto-film-iran-tentang-nabi-muhammad-tuai-kecaman-1503289

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. abu qurba mengatakan:

    Tulisan di atas cukup menarik dan memberikan wawasan bagi pembacanya. Terimakaih banyak kepada penulisnya. Semoga ilmu-ilmu antum bertambah terus dan mendapatkan keberkahan dari Allah swt. Ada yang menulis bahwa agama islam itu terdiri dari tiga unsur penting yang satu sama lainnya tidak bisa dipisah-pisahkan, yaitu akidah, fikih dan akhlak. Sebagaimana garam dengan rasa asinnya dan gula dengan rasa manisnya tidak bisa dipisah samasekali, maka demikian pula halnya dengan akidah, fikih dan akhlak. Dimana ada fikih, maka disitu ada akhlak dan dimana ada akhlak, maka disitu ada fikih dan keduanya itu bersumber dari akidah yang benar. Karena itu di dalam diri setiap muslim sejati harus ada tiga unsur ini; akidah (keyakinan yang terdapat di dalam hati), fikih dan akhlak (sebagai amal jawarih yang merupakan aplikasi akidahnya). Jika tiga hal ini dapat berjalan bersama-sama secara serasi (tidak ada yang saling mendahului), maka buah dan hasilnya pun akan bisa diperoleh, yaitu kebahagiaan, ketenangan dan kedamaian lahir dan batin, dunia dan akhirat. Lebih jelasnya adalah bahwa akidah itu merupakan akar sebuah pohon besar, fikih adalah batangnya/pokoknya yang kokoh dan akhlak adalah cabang-cabang dan daun-daunnya yang banyak dan rindang. Ketika Antara akar, pokok dan cabang-cabang serta daun-daunnya itu dapat bekerjasama dengan baik dan serasi, maka akan menghasilkan buah-buahan yang dapat dinikmati. Itulah kebahagiaan ruhani dan kedamaian abadi. Semoga kita semua dapat mengkaji akidah islami lebih lanjut dan lebih dalam lagi kemudain mengaplikasikannya dalam fikih dan akhlak islami sampai akhir hayat sehingga kita dapat menuai hasilnya berupa kebahagiaan dan kedamaian abadi lahir dan batin. Baik kajian akidah, maupun fikih dan akhlak, terdapat di dalam ayat-ayat Al-Qur’an al-Karim. Karena itu janganlah jauh-jauh dari Al-Qur’an al-Karim hingga akhir hayat. Sedih kan… jika belajar di hauzah/pesantren bertahun-tahun, tetapi bukan saja makna dan tafsirnya tidak dikaji dengan baik, bahkan bacaan tajwidnya pun masih perlu diperbaiki…..AQ

  2. MarfaVori mengatakan:

    Recovery face, pulling wrinkles without jabs and operations is available to everyone. Chemical elements remove components of old cells. Skin swiftly is updated. A face without wrinkles and signs of acne. Impressive improvement of the external appearance of the skin. Rejuvenation, lifting, removal wrinkles are guaranteed.
    make chemical peeling invented by German workers in the 19th century. Since then, reliability procedures has grown several times. Effect can purchase and domestic conditions. Epidermis becomes smooth and light, without wrinkles, redness.
    chemical peel before after

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.